A Quiet Place: If They Hear You, They Hunt You

Sedikit saja kamu mengeluarkan suara, maka bersiap-siaplah! Sebab kamu akan menjadi target selanjutnya.

 

Film horror selalu punya cara tersendiri dalam menyajikan teror dan suasana mencekam. Tak terkecuali A Quiet Place. Film yang disutradarai, diproduseri, ditulis dan dimainkan oleh aktor John Krasinki ini telah menghantui bioskop-bioskop seluruh dunia.

Film ini bercerita tentang sepasang suami istri yakni Evelyn Abbott (Emily Blunt) dan Lee Abbott (John Krasinski). Mereka memiliki dua orang anak yaitu seorang anak laki-laki yang bernyali besar bernama Marcus Abbott (Noah Jupe), dan anak perempuannya yang beranjak remaja bernama Regan Abbott (Millicent Simmonds). Keluarga ini tinggal di sebuah tempat terpencil dengan aturan tidak boleh ada suara sedikitpun.

Mereka sekeluarga berkewajiban untuk selalu menjaga ketenangan keadaan disekitarnya. Jika terdengar sedikit saja suara, sebuah entitas misterius akan muncul dan memburu mereka. Lebih menegangkannya lagi, keluarga ini bisa mendapatkan teror tanpa henti jika bersuara atau berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lain.

Penggarapan cerita A Quiet Place ini bisa dibilang sederhana, sebab hanya berfokus pada cara bertahan hidup oleh suatu keluarga. Menariknya, film ini sebagian besar diceritakan dalam kesunyian. Saking sunyinya, sebagian besar dialog antara pemainnya menggunakan bahasa isyarat. Uniknya lagi, secara tidak langsung melalui film ini, penonton seolah mendapat tips untuk meredam suara dengan menggunakan benda-benda di sekitar mereka.

Film berdurasi 90 menit ini menyajikan sinematografi yang keren. A Quiet Place membuktikan bahwa kengerian tidak melulu terjadi saat malam atau keadaan gelap. Saat siang hari dan dalam keadaan terang pun, suasana mencekam dan teror bisa saja melanda.

A Quiet Place  benar-benar sebuah tontonan horor yang berkualitas sebab di samping menayangkan unsur kengerian, penonton juga akan disuguhkan nuansa teka-teki dalam setiap adegan. Namun sayangnya tidak ada kejutan atau plot-twist dalam cerita ini. Alur cerita mengalir begitu saja dalam satu rangkaian.

Dari awal film, situasi digambarkan dengan stabil. Kondisi kehidupan keluarga tokoh utama terlihat baik-baik saja. Namun teror mulai muncul saat anak laki-laki mereka, Marcus, menyalakan sebuah mainan pesawat yang berbunyi sangat berisik saat mereka sedang berjalan menyusuri jembatan. Para makhluk misterius pun kemudian berdatangan untuk meneror kehidupan keluarga tersebut. Sungguh mencekam, bukan?  Jadi, buat kamu yang penasaran sama film horor dengan cita rasa berbeda, wajib banget nonton A Quiet Place! (Esti/Akademika) (Editor: Kristika)