Air Panas Angseri, Penat Pun Hilang

sumber foto : http://edyraguapo.blogspot.com/

Melalui jalanan berkelok-kelok dengan pemandangan sawah bertingkat di kaki Gunung Batukaru, Air panas Angseri menjadi ‘oase’ ditengah dinginnya udara. Air Panas Angseri ini berlokasi di Banjar Munduk Lumbang, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Hanya butuh 2 jam dari Denpasar.

Untuk dapat menikmati pemandian air panas ini,cukup membayar Rp 5.000 saja. Setelah membeli tiket masuk wisatawan harus berjalan menyusuri jalan setapak. Sepanjang jalan wisatawan dapat melihat vegetasi pakis gunung dan sungai kecil di sisi kanan jalan. Mendekati kolam air panas wisatawan akan menuruni jalan yang berundak dengan panorama sawah bertingkat  yang menakjubkan. Sesampainya di areal pemandian, bersiaplah bilik-bilik tertutup akan menyambut wisatawan.

Air Panas Angseri menawarkan 2 kolam terbuka yang besar, dan 4 bilik pribadi, dengan ruangan yang mampu menampung hingga maksimal 6 orang. Hanya dengan Rp 10.000, – untuk setiap pengunjung. Untuk bilik-bilik tertutup ini wisatawan dapat menggunakannya selama 30 menit tetapi jika sepi pengunjung tak jarang wisatawan dapat menggunakan sepuasnya. Untuk kolam pemandian terbuka pengunjung tak perlu lagi merogoh kocek.

Saat tubuh masuk ke dalam air panas suasana rileks akan terasa. Seketika badan terasa nyaman. Penat pun hilang. Badan yang pegal-pegal akibat rutinitas pun sirna seketika. Jika  ingin berendam dengan melihat pemandangan alam, wisatawan dapat langsung menuju kolam terbuka yang hangatnya juga tak kalah dengan di dalam bilik. Terdapat air terjun mini yang menambah nuansa asri saat berenang di kolam renang.

Mulanya objek wisata ini adalah sebuah pemandian tradisional. Namun, sejak Oktober 2007 tempat ini diresmikan sebagai tempat wisata yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Di lokasi Air Panas Angseri ternyata ada wisata lain yang sayang juga untuk ditinggalkan. Yakni air asam dan sebuah pura kuno bernama Pura Pucak Tinggah yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. (Henny)