Bali di Mata Para Fotografer Muda

Wajah Kuta Masa Depan, salah satu foto yang di pamerkan saat pameran berlangsung

Kumpulan foto terpajang di dinding ruangan Bentara Budaya Bali, yang berlokaasi di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra Denpasar. Foto-foto tersebut terpajang sedemikian rupa berkenaan dengan pelaksanaan Pameran Foto Jurnalistik yang diadakan atas kerjasama para jurnalis Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana dengan pihak pengelola lingkungan Bentara Budaya Bali.

Lomba foto yang mengangkat isu “Bali Saat Ini” dimulai sejak 27 Mei 2011. Sedangkan pengunjung dapat menikmati pameran foto sejak tanggal 28 Mei hingga 3 Juni 2011 dari pukul 10.00 hingga 18.00 WITA.

Sejumlah tokoh ikut menyemarakkan acara pameran. Mulai dari kalangan akademisi, jurnalis hingga tokoh budayawan. Terlihat Pembantu Rektor Tiga Universitas Udayana hadir pada acara dan sekaligus sebagai perwakilan yang membuka pameran ini.
Wayan Juniartha, Kurator lomba foto, memilih 18 buah foto terbaik yang sebagian besar memperlihatkan bagaimana kehidupan modern di Bali bersinggungan dengan nilai-nilai budaya asli rakyat Bali setempat. Seperti foto yang memperlihatkan bagaimana para wisatawan yang sedang berjemur dan sebagian besar berpakaian minim memperhatikan sekelompok masyarakat yang sedang mengadakan upacara agama di pantai, atau foto yang memperlihatkan bagaimana seorang petani menggunakan traktor saat membajak sawah, padahal di sekelilingnya berdiri megah bangunan-bangunan beton

Pameran tersebut juga diselingi diskusi bertemakan “Postmodernitas Bali”. Cokorda Sawitri, budayawan, didaulat sebagai narasumber. Dalam diskusi yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam, timbul berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Tak terasa diskusi berjalan hangat hingga pukul 21.00 WITA. Sesi foto bersama menjadi penutup acara pameran hari itu. (dripta)

You May Also Like