Berkomunikasi dengan Alien

Judul                           : Arrival

Genre                          : Drama, Science-Fiction

Tanggal Rilis               : 11 November 2016 (Amerika Serikat)

Durasi                         : 116 menit

Sutradara                    : Denis Villeneuve

Produser                     : Shawn Levy, Dan Levine, Aaron Ryder, David Linde

Penulis Naskah           :  Eric Heisserer

Didasari oleh              : “Story of Your Life” oleh Ted Chiang

Bintang                        : Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker, Michael Stuhlbarg, Tzi Ma

 

 

Sebanyak 12 pesawat misterius tiba di bumi. Dr. Louise Banks (Amy Adams) harus berpacu dengan waktu untuk mengetahui maksud kedatangan mereka.

Biasanya film alien identik dengan alien baik hati yang menolong manusia atau pun sebaliknya, alien yang dateng ke bumi untuk menghancurkan kehidupan manusia. Tidak dengan Arrival, film ini mengambil pendekatan lain. Arrival tidak bercerita secara terus terang maksud kedatangan alien-alien tersebut. Justru Arrival fokus bercerita mengenai cara kita agar dapat berkomunikasi dengan alien.

Cerita diawali dari kisah kehidupan Louise dengan anak perempuannya. Hidup mereka baik-baik saja sampai suatu ketika sang anak sakit kemudian meninggal dunia. Kisah ini diiringi lagu syahdu yang membuat penonton terbawa suasana. Cerita berlanjut dengan kedatangan 12 pesawat alien yang tiba-tiba saja turun ke bumi. Louise yang merupakan seorang ahli bahasa dimintai bantuan oleh Ian Donelly (Jeremy Renner), seorang fisikawan realistik untuk mengungkap tujuan alien-alien tersebut datang ke bumi. Apakah mereka peneliti yang ingin mengetahui bagaimana kehidupan di bumi, atau kah mereka hanya sekedar turis.

Mengetahui maksud kedatangan alien adalah suatu perkara yang tidak mudah karena mereka tidak berkomunikasi dengan bahasa yang ada di bumi. Bahkan tata cara penulisannya pun sangat berbeda. Untuk dapat berkomunikasi, Louise, Ian beserta tim yang lain harus mempelajari bahasa alien dan sebaliknya mereka pun harus mengajari alien mengenai bahasa mereka. Hal ini merupakan kisah utama yang diceritakan di sebagian besar durasi film.

Arrival bukan hanya menyajikan ketegangan ketika menghadapi alien, namun juga menampilkan drama yang sangat filosofis. Arrival sebenarnya merupakan film adaptasi dari sebuah cerita pendek berjudul “Story of Your Life” karangan Ted Chiang. Arrival banyak mengajarkan kita mengenai nilai-nilai kemanusian, evolusi perang dan peradaban, persepsi mengenai waktu, dan bagaimana kita menghadapi takdir. Sekilas cerita yang ditawarkan terkesan berat. Namun sang sutradara berhasil menyajikannya dengan sederhana. Film ini bukan film yang menuntut penonton untuk berpikir lebih dan multi interpretasi.

Arrival adalah film bertemakan alien sekaligus drama yang menyentuh. Terdapat kejutan di beberapa bagian ceritanya yang dapat mengungkap maksud cerita sekaligus menyisakan sedikit pertanyaan. (pnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *