CNN Hangout: Berbagi Pengalaman Jurnalis CNN Indonesia

Denpasar, Rabu 03 April 2019 — Koresponden dan anchor CNN Indonesia berbagi pengalamannya sebagai jurnalis kepada pengunjung Trans Studio Mall Bali melalui acara yang bertajuk CNN Hangout.

CNN (Cable News Network) Indonesia menggelar acaranya, CNN Hangout yang bertajuk “Becoming a Professional TV Journalist” di Trans Studio Mall Bali, sebuah mall berlantai 2 yang baru saja dibuka pada akhir Maret lalu. Acara ini dimulai dari pukul 15.00-18.00 WITA, merupakan lanjutan dari rentetan acara yang telah dilaksanakan pada hari sebelumnya yakni pada hari Selasa, 02 April 2019.

Sebelum acara dimulai, para pengunjung ataupun peserta akan diperlihatkan sebuah video singkat tentang bagaimana perjuangan seorang jurnalis dalam berburu berita. Sembari menunggu koresponden dan news anchor-nya bersiap diri, para pengunjung menunggu dengan menonton beberapa cuplikan video mengenai seorang kawan jurnalis yang menuturkan bagaimana kawannya hilang di Papua pada saat peliputan di tengah badai dan hingga saat ini belum ditemukan.

Sesi pertama diisi dengan sharing pengalaman jurnalis yang telah dilalui oleh koresponden CNN Indonesia, Rully Kurniawan. Ia mengaku sudah 14 tahun melanglang buana di berbagai media, hingga akhirnya menambatkan hatinya kepada CNN Indonesia. Rully juga tak menampik kecintaanya terhadap bidang jurnalis karena hobi jalan-jalan. “Aku kuliah belajar teknik beton, bangunan dan semacamnya, tapi setelah tamat malah terjun sebagai jurnalis,” ungkap Rully sembari tertawa.

Untuk menjadi seorang koresponden dibutuhkan setidaknya pengalaman 5 tahun di berbagai media. Rully juga mengungkapkan, tugas pertamanya sebagai seorang jurnalis sedikit menyeramkan. “Aku masih ingat sampai sekarang, ketika tugas pertamaku sebagai jurnalis diminta untuk mewawancarai narasumber seorang pembunuh, sampai hari ini aku masih kepikiran takutnya kalau si pembunuh ini bebas, aku yang menjadi target berikutnya,” ujar Rully. Ia menambahkan, dirinya mengalami banyak kendala supaya pembunuh ini mau untuk diwawancarai. “Aku harus muter otak, sampai beliin rokok, roti, kopi, biar nyenengin si pembunuh terus sampai aku rayu juga supaya dia mau untuk diwawancarai, tapi akhirnya si pembunuh ini mau,” ujar perempuan lulusan teknik sipil tersebut.

Rully juga menambahkan, tips mencari narasumber yang baik ialah narasumber yang tak banyak diincar oleh jurnalis yang lain, sehingga komposisi yang didapat untuk isi dari berita yang akan dimuat atau dinaikkan tidak memiliki kesan yang begitu mainstream dengan media yang lain.

Putri Ayuningtyas, seorang news anchor CNN Indonesia tamatan S2 politik mengaku terjun ke bidang jurnalis karena kesukaanya terhadap berburu berita yang berbau politik tak perduli walau latar belakang S1-nya teknik industri. Putri mengisi sesi kedua dari acara CNN Hangout di Trans Studio Mall Bali. Ia meramaikan sesi kedua ini dengan menceritakan salah satu pengalamannya di mana saat ia bertugas mewawancarai Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. Dia menceritakan betapa ketatnya pengawasan yang diberlakukan terhadap dirinya dan juru kamera. “Baru landing pesawat, udah disambut sama paspampresnya lalu pasport kita diambil, diarak menuju sebuah limosin seperti semacam mobil kepresidenan, bener-bener ketat pengawasannya,” tegas Putri.

Ia mengaku selama hari-harinya di Zimbabwe, dirinya dan camera person dijaga ketat oleh pengawal presiden. Ia juga dilarang untuk sekedar bencengkrama dengan warga sekitar. “Waktu mau wawancara Presiden Zimbabwe, aku kan bawa semacam daftar pertanyaan atau semacam coretan, itu pun dilarang oleh pengawalnya jadi harus bener-bener pakai kertas kosong, hingga masalah sepele seperti pulpen pun harus pengawal presiden sendiri yang menyediakan,” kata Putri.

Di sesi ketiga CNN Hangout terdapat sesi tanya jawab yang berhadiahkan bermacam-macam souvenir dari CNN Indonesia sendiri. Di penghujung acara terdapat sesi yang sangat unik. Para peserta dan pengunjung diajak untuk merasakan sensasi dari experience live report langsung dari dalam Trans Studio Mall Bali. Para pengunjung diminta untuk memberitakan suasana terkini yang ada di dalam mall selama kurang lebih 1,5 menit lalu akan disiarkan secara langsung di layar panggung di dalam Trans Studio Mall Bali dan disaksikan oleh banyak pengunjung yang lalu lalang.

Rully dan Putri mengatakan diadakannya CNN Hangout bukan memberi kuliah umum melainkan sebagai praktisi yang berbagi pengalaman di bidang jurnalis dan tujuan utamanya mencari bibit-bibit jurnalis pada generasi muda khususnya dalam bidang newscaster, reporter, dan news anchor.

Putri berharap acara CNN Hangout dapat menumbuhkan minat jurnalis khususnya pada generasi milenial, tak peduli apa latar pendidikan jika memang memiliki passion untuk menggeluti bidang jurnalis, tidak akan ada kata terpaksa untuk menjalankannya. “Aku ambil S2 politik gara-gara terjun di bidang jurnalis dan kesukaanku dengan situasi yang berbau politik,” ujar Putri.

(Teja S/Akademika)