Dilema Mahasiswa akibat Kuliah dan Kepanitiaan

Oleh : Ary Sandy

Sudah jadi hal yang biasa jika saat ini mahasiswa kebanyakan mahasiswa lebih banyak fokus ke dalam organisasi atau dalam kepanitiaan suatu acara. Tujuh  dari sepuluh mahasiswa yang ditanya secara acak tentang pilihan mereka antara pelajaran dan kepanitiaan menjawab bahwa mereka lebih fokus pada kepanitiaan. Alasan mereka pun bermacam-macam, ada yang fokus kepanitiaan karena memang suka berorganisasi dan bersosialisasi, ada juga yang beralasan demi bisa yudisium mereka malah jadi fokus ke dalam kepanitiaan.

Sebenarnya dua hal tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Apapun pilihan seseorang sudah seharusnya didasari komitmen yang kuat untuk keduanya. Perlu diingat jika kuliah merupakan tugas utama seorang mahasiswa, namun softskill yang tidak kita peroleh didalam ruangan perkuliahan bisa didapatkan melalui kehidupan berorganisasi.

Sulit memang untuk menyeimbangkan keduanya, namun hal ini kembali lagi ke orang masing-masing. Tapi bukankah lebih membanggakan juga jika lulus dengan IPK yang tidak rendah? Apalagi dengan softskill terasah. Jadi usahakan agar antara kepanitiaan dan pelajaran tidak berat sebelah.

You May Also Like