Don’t be Afraid of The Dark : Ada Sesuatu Di Kegelapan

distributor : FilmDistrict

Genre : Horror

MPAA Rating : R

Release Date : 26 Agustus 2011

Runtime : 1 hrs. 40 min

Director : Troy Nixey

Actor : Katie Holmes, Guy Pearce, Bailee Madison

My Star : 2/5

Berbagai macam kisah muncul yang mengubungkan antara makhluk-makhluk gaib dengan kegelapan. Tapi haruskah kita takut dengan kegelapan? Mungkin tema itulah yang ingin diangkat dari sebuah film bertema horror yang diproduseri oleh  Guillermo del Toro, Don’t be Afraid of the Dark.

Film ini bermula ketika Sally (Bailee Madison) pindah ke rumah sang ayah, Alex Hirts (Guy Pearce) bersama tunangannya Kim (Katie Holmes). Tapi sayangnya Sally merasa dia harus tinggal bersama ayahnya karena sudah merasa tidak diinginkan oleh sang ibu. Mereka pun tinggal di  Blackwood Manor, sebuah rumah yang sangat mewah yang sedang direstorasi keasliannya oleh Alex sehingga bisa dijual kembali. Tapi mereka tidak tahu akan sejarah rumah mewah tersebut sampai ditemukanlah ruang bawah tanah di rumah tersebut.

Biarpun awalnya ingin pergi dari rumah itu, Sally mulai menyukai rumah tersebut ketika menemukan ruangan bawah tanah tersebut. Dia pun secara diam-diam pergi ke ruangan bawah tanah tersebut. dan disanalah dia mendengarkan suara-suara yang misterius yang memanggil-manggil namanya. Dan tanpa sadar, Sally malah membuka penjara makhluk – makhluk tersebut sehingga mereka bisa bebas dari tempat dimana mereka dipenjara selama ini.

Dan seiring berjalannya waktu, Sally yang menganggap makhluk-makhluk yang berasal dari bawah tanah tersebut sebagai teman mulai merasakan bahwa mereka sebetulnya jahat. Sayangnya sang ayah tidak percaya dengan apa yang dikatakan Sally. Untungnya Kim, mau mendengarkan dan membantu Sally. Kim pun menemukan sesuatu bahwa di rumah tersebut ada suatu mahkluk yang mengincar gigi anak-anak. Disanalah mulai perjuangan Kim menolong Sally. Mampukah Sally menyelamatkan Sally? Akankah Sally ditangkap oleh makhluk – makhluk misterius tersebut?

Salah satu film horror di tahun 2011 yang menarik perhatian. Kenapa begitu? Karena daya jual film ini tentulah pada sang produser sekaligus penulis yaitu Guillermo del Toro. Namanya sudah terkenal dengan film-filmnya yang terbilang bagus dan dark seperti Hellboy, Hellboy II: The Golden Army dan Pan’s Labyrinth. Sehingga film Don’t be Afraid of the Dark menjadi film yang dinantikan untuk ditonton.

Sayangnya kursi sutradara dipegang oleh Troy Nixey yang ternyata kurang berhasil menjadikan Don’t be Afraid of the Dark menjadi film horror yang menegangkan. Tensi ketegangan yang dihadirkan pun terasa sedikit hambar dan kurang. Biarpun film ini terbilang menghadirkan nuansa horror klasik tapi nuansa horrornya hambar.

Akting pemain terbilang sudah pas tapi kurang menghayati isi film. Mungkin di beberapa scene kita akan merasakan ketegangan tapi selanjutnya turun lagi dan sejauhnya mulai membosankan. Sebetulnya ide makhluk – makhluk yang berasal dari bawah tanah ini menarik, tapi secara visual kurang menyeramkan. Sepertinya makhluk – makhluk ini sangat jatuh dari segi kualitas dari film-film del Toro terdahulu.

Dari segi  box office film ini juga terbilang gagal total. Pendapatan di seluruh dunia hanya sekitar $ 35 juta saja, dibandingkan dengan budgetnya yang berkisar $ 25 juta.

Mungkin yang ingin menonton film horor ataupun film khas del Toro, wajib nonton film ini. Tapi yang meinginkan horor yang kental, film ini kurang begitu bisa menyampaikan kengeriannya. (@WIDHI_D)

You May Also Like