FKP Unud Rayakan Hari Lingkungan Hidup Bersama Siswa SD

Pengenalan kawasan Mangrove kepada siswa, Rabu, (5/6).
Pengenalan kawasan Mangrove kepada siswa, Rabu, (5/6).

Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup tanggal 5 Juni 2013, Fakultas Kelautan dan Perikanan UNUD bersama Conservation International–Indonesia (CII) dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Badung menggelar lomba mewarnai tingkat SD di kawasan Pantai Wanasari, Tuban, Kuta, Badung. Lomba yang dihadiri 25 siswa dari SD Widyatmika dan 25 siswa dari SDN 10 Jimbaran ini dimulai pukul 07.30 – 13.00 wita.

Sebelum perlombaan dimulai para peserta menyusuri kawasan pesisir mangrove untuk melihat organisme apa saja yang hidup dikawasan tersebut. “Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang lingkungan hidup kepada anak – anak di usia dini untuk menjaga kepedulian terhadap lingkungan khususnya perairan mangrove,“ ujar I Gede Hendrawan Pembantu Dekan III FKP UNUD sekaligus panitia dari dosen.

“Kita tidak mau lagi 10–20 tahun ke depan lingkungan ini diperparah dengan pengetahuan yang minim tentang lingkungan. Jadi, bagaimana anak ini setelah dewasa agar lebih peduli nantinya,” tambahnya.

Setelah melakukan penelusuran, peserta yang dibagi empat kelompok beradu yel yel sebelum perlombaan berlangsung. Nanda, Ketua Panitia dari mahasiswa memaparkan bahwa acara ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu riang gembira, pengenalan kawasan mangrove, serta lomba yel – yel dan mewarnai.

“Secara teknis acara ini dipersiapkan hanya dalam waktu satu minggu. Jadi, kendala administrasi seperti surat undangan lomba ke SD yang merespon pun hanya 2, SD Widytamika dan SD 10 Jimbaran,” jelas Nanda.

Para peserta yang sudah beradu yel–yel, selanjutnya melaksanakan perlombaan akhir yaitu mewarnai. Gambar yang diberikan oleh panitia merupakan gambar hewan yang hidup di laut. Anak–anak begitu antusius melaksanakan lomba meskipun beberapa anak tidak mengetahui nama hewan yang digambarnya.

I Gede Darma Alfian Adi Saputra siswa kelas 2 SD 10 Jimbaran, merasa senang telah mengikuti serangkaian acara dari FKP UNUD. “Kalau ada lagi seperti ini saya mau ikutlah,” sahutnya. (Esa Cahya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *