Izin Lokasi Diberikan, ForBali Tetap Turun ke Jalan.

Denpasar, 23 Maret 2019. ForBali (Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa) kembali turun ke jalan, mengadakan aksi parade budaya setelah terdengar kabar bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sebelumnya mengklarifikasi bahwa izin lokasi bukan izin reklamasi, padahal dalam perizinan reklamasi menurut (Peraturan Presiden) Perpres No.122 tahun 2012 BAB III tentang perizinan reklamasi, ada dua izin yang harus dipenuhi, yaitu izin lokasi dan izin pelaksanaan reklamasi.

Masyarakat Bali kembali mengutarakan kekecewaannya terhadap keputusan Menteri Susi karena menerbitkan izin lokasi baru atas permintaan PT TWBI (Tirta Wahana Bali Internasional) untuk melanjutkan rencana reklamasi kawasan Teluk Benoa.

Aksi yang digelar ini adalah aksi parade budaya pertama di tahun 2019 setelah sempat beristirahat sejak 25 Agustus 2018. Dimulai dengan long march dari parkir timur lapangan Puputan Renon hingga ke depan gedung DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Bali untuk mengadakan orasi dan menutup gerbang gedung DPRD dengan spanduk penolakan reklamasi Teluk Benoa.

Aksi dilanjutkan dengan orasi dan penampilan Tari Barong dari perwakilan Banjar Tatasan Kaja di depan kantor gubernur, orasi dibuka oleh Jerinx SID yang menyampaikan bahwa Gubernur Bali, Koster sempat mengirim surat ke Presiden, Jokowi yang katanya surat peninjauan ulang reklamasi Teluk Benoa.

Namun surat itu tak kunjung di buka ke umum. “Gubernur kita tidak berani menunjukan surat yang dikirim ke Jokowi” imbuh Jerinx.

Wayan Gendo Suardana juga mengisi orasi dan menyinggung kata-kata Koster yang diucapkan ketika kampanye. Koster mengatakan bahwa dirinya seorang bisa menyelesaikan kasus reklamasi yang selama ini diperjuangkan oleh masyarakat Bali.

Gendo juga sempat menyinggung bahwa Menteri Susi yang disebut berjaya di lautan, tapi tidak berdaya di Teluk Benoa.

Aksi ditutup dengan penampilan musik dari band The Dissland yang juga membawa lagu “Tolak Reklamasi” dalam set list penampilannya. (Nabil/Yogi/Akademika)