KINDNETIC: Saatnya Remaja Aware dengan Mental Health

Denpasar, Senin (20/05) – Kindnetic bersama Bali Soul Society mengadakan konferensi pers pada Senin di Kubu Kopi, Denpasar. Kegiatan ini digagas tak lain karena kepedulian mereka terhadap mental health yang acapkali menjadi permasalahan remaja kini.

Kindnetic merupakan suatu kegiatan yang digagas oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Udayana. Tatkala penyampaian konferensi pers, Luh Ning Widiyanti selaku Project Manager Kindnetic menyampaikan bahwa karakter masyarakat di Denpasar bersifat majemuk dan dinamis, sehingga berpeluang besar mengalami gangguan kesehatan mental. “Sebanyak 9,8% remaja di Bali mengalami gangguan mental emosional. Biasanya terjadi akibat pengaruh media sosial” Tuturnya.

Acara dari kindnetic sendiri diawali dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah menengah pertama se-kota Denpasar. Bersama Bali Soul Society, yang merupakan perkumpulan Psikolog se-Bali juga melangsungkan acara free consultation dalam rangkaian acara Kindnetic.
Luh Ning atau akrab disapa Oning menyampaikan bahwa target khusus dari acara ini adalah membantu meningkatkan awareness terkait kesehatan mental para remaja, “Target khususnya adalah remaja di Denpasar dengan rentang umur 12 hingga 20 tahun, namun kami juga sangat terbuka apabila ada yang ingin konsultasi berasal dari luar Denpasar, konsultasi bersifat gratis dan tidak berbayar.”
Rentang umur tersebut dipilih karena remaja dengan umur 12-20 tahun merupakan fase pembentukan identitas diri. Individu dengan identitas diri ‘belum jelas’ cenderung tertekan dan mengamini bermacam stigma negatif yang dilekatkan padanya.

“Peserta bisa berkonsultasi secara gratis secara face to face dengan psikolog sebagai tahap awal screening permasalahan, apabila permasalahan dirasa memerlukan tindakan lebih lanjut, maka peserta akan dianjurkan melakukan konsultasi lebih dalam.” jelas Ida Ayu Saraswati Indraharsani selaku Chief Director Bali Soul Society.

Acara dengan tema “Show Who You Really Are” ini memililiki special event yang merupakan acara puncak pada 02 Juni 2019 bertempat di Garden Groove nantinya, tentunya dengan kegiatan sharing session yang dikemas menarik serta berkolaborasi dengan himpunan Psikolog se-Bali, Putri Indonesia perwakilan Bali, dan dimeriahkan oleh bintang tamu lokal Nosstress

Selain itu, pada acara puncak nantinya akan menampilkan Fashion Show spesial dari talent yang tak biasa. Tujuannya adalah mengubah stigma standar kecantikan tak hanya dimiliki oleh ia yang bertubuh ramping. (Indira/Akademika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *