LRB, Solusi Cantik Cegah Banjir

foto : Dok.Akademika

Sabtu, 17 Desember 2011 pagi, hujan tampak mengguyur Kampus Universitas Udayana di Kawasan Sudirman. Kondisi alam yang tidak bersahabat ini tidak menyurutkan UKM Mahasiwa Pecinta Alam (Mapala) “Wanaprastha Dharma” menggelar Aksi Lingkungan Hidup.

Bertempat di Gedung Udayana University Press dengan mengusung tema “ Pembuatan Lubang Resapan Biopori di Lingkungan Universitas Udayana”. Acara ini berlangsung atas kerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bali. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Ida Bagus Nyoman Sanjayadiputra dalam pidatonya, acara ini berlangsung sebagai Aksi Biopori di Kampus Udayana.  “Kami dari UKM Mapala “Wanaprastha Dharma” merasa tergelitik melihat hujan di lingkungan Kampus Unud Sudirman yang tergenang air, terutama di depan Gedung Pascasarjana,” ujarnya.

Sebagai pemateri dalam sosialisasi ini, Ni Made Armadi, S.P, M.Si selaku Kepala Sub.Bidang Konservasi Lahan dan Air BLH Provinsi Bali, memaparkan Lubang Resapan Biopori (LRB)  ini merupakan solusi tepat guna dan ramah lingkungan. “Tepat guna dalam artian dapat mengurangi sampah, bau dan meningkatkan daya resapan air,” jelasnya.

Lanjut Ni Made Armadi, teknologi sederhana yang cuma bermodalkan bor biopori, linggis, kape, pisau dan sampah organik ini bisa diterapkan di Kampus Unud. “Lubang Resapan Biopori merupakan solusi cantik yang bisa dilakukan melalui sosialisasi, praktik langsung di halaman Kampus, pembuatan dan pengelolaan LRB oleh anak-anak Mapala khususnya,” tuturnya.

Acara pun tak hanya sebatas sosialisasi saja.Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan LRB di depan Gedung Pascasarjana. “Kami baru hanya mendapat izin di depan Gedung Pascasarjana, semoga kedepannya pembuatan LRB ini dapat diterapkan secara berkelanjutan di Kawasan Kampus Sudirman khususnya,” ungkapnya.

Ida Bagus Nyoman Sanjayadiputra pun berharap, “Setidaknya tindakan kecil yang kami lakukan ini dapat menggugah pihak Kampus untuk menerapkan LRB sebagai solusi penanganan banjir yang rutin menimpa Kampus Unud,” harapnya.

You May Also Like