MCC 2018: Ajak Mahasiswa Tidak Salah Pilih Konsentrasi

Dalam rangka membantu Mahasiswa Manajemen dalam memilih konsentrasi perkuliahan, Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana menyelenggarakan Management Concentration Class di Aula Gedung Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus Sudirman. (5/5/2018).

Management Concentration Class merupakan program kerja pertama Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Biasa disingkat sebagai MCC, program kerja ini bertujuan untuk membantu mahasiswa Program Studi Manajemen FEB Unud dalam memilih konsentrasi perkuliahan.

Program Studi Manajemen FEB Unud sendiri memiliki empat konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa mulai dari semester empat. Keempat konsentrasi tersebut terdiri dari Konsentrasi Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Operasi.  “Jadi kan di setiap konsentrasi pasti memiliki peminat, tapi biasanya dalam setiap konsentrasi itu ada yang peminatnya banyak dan ada juga yang peminatnya sedikit. Jadi, kami di sini bertujuan untuk membantu teman-teman mahasiswa Manajemen agar tidak ‘tersesat’ dalam memilih konsentrasi,” ujar Adi Dharmayasa (19) selaku ketua panitia.

Melihat hasil peminatan itu, Giantari selaku Koordinator Program Studi Manajemen FEB Unud menyatakan Konsentrasi Manajemen Operasi yang paling sepi peminat. “Manajemen Operasi tahun lalu sepi peminat, banyak yang bilang susah karena hitung-hitungannya, tapi menurut saya banyak yang belum tahu tentang konsentrasi itu, atau banyak faktor juga yang mempengaruhi minat adik-adik mahasiswa dalam memilih konsentrasi,” paparnya.

Menurut Adi selaku ketua panitia dalam acara tersebut berkaca dari pengalaman kakak tingkatnya dalam memilih konsentrasi yang mana masih terdapat mahasiswa yang kebingungan. Entah karena faktor suruhan orang tua, dosen, buku penunjang, hingga teman sepergaulan. “Di sini kan yang ditakutkan itu, teman-teman yang memilih konsentrasi mengikuti teman se-gengnya, karena kami akan menempuh pendidikan selama empat tahun, jadi jika dari diri sendiri tidak sreg nanti susah dalam pengerjaan skripsi,” ungkapnya.

Dengan tujuan utama membantu mahasiswa Manajemen dalam memilih konsentrasi, acara MCC sendiri terbagi menjadi tiga sesi, pada sesi pertama yaitu concentration sharing mengundang alumni jurusan Manajemen FEB Unud sebagai pembicara dalam tiap konsentrasinya. Sesi kedua yakni tes psikologi dalam membantu mahasiswa melihat minat dan bakatnya dan sesi yang terakhir yaitu concentration class di mana mahasiswa Manajemen semester empat dan enam yang menjadi pembicara.

“Kami memilih kakak-kakak alumni sebagai pembicara juga berharap agar teman-teman tahu, gimana sih dunia kerja sesungguhnya dari masing-masing konsentrasi dan agar teman-teman juga tahu tips dan tricks dalam memilih konsentrasi dan apa prospek kerja selanjutnya,” kata Adi Dharmayasa yang juga merupakan mahasiswa jurusan Manajemen semester dua.

Dengan kehadiran alumni, tes psikologi dan sharing bersama senior yang sedang menempuh keempat konsetrasi tersebut, Adi berharap dengan adanya kegiatan MCC ini mahasiswa jurusan Manajemen tidak lagi merasa ‘tersesat’ dalam memilih konsentrasi. “Ya pokoknya, nanti ketika sudah memilih konsentrasi harapannya sudah tidak ada lagi yang bilang karena mengikuti teman, itu aja sih,” tutupnya. (Della/Akademika)

Editor: Kristika, Juniantari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *