Pasar Mini Sehat Ala Sunday Community Market

Sambut Hari Lingkungan Hidup, kurang pas kalau belum berkunjung ke Sunday Community Market.

Suasana SCM yang bertempat di Little Tree Bali, Minggu (2/6).

SCM yang biasanya dikenal dengan Sanur Community Market karena biasanya diselenggarakan di Sanur, kini (2/6) dengan nama Sunday Community Market, SCM diselenggarakan di Little Tree Bali, Sunset Road 112X.

“Beberapa alasan kami menyelenggarakan SCM di tempat berbeda karena HFHL ingin membuat skala besar serta adanya permintaan dari peserta stand untuk diadakan di tempat lain. Selain itu, adanya kerjasama kami dengan Little Tree yang kebetulan merupakan toko ramah lingkungan,” jelas Illyas Dede Saputra selaku Ketua HFHL Bali.

SCM merupakan sebuah pasar mini sehat karena tidak hanya menyediakan beberapa pangan sehat, namun tersedia juga produk olahan kreatif dan ramah lingkungan.

Mengangkat tema “Think, Eat, Save”, kegiatan SCM ini terbagi menjadi lima kegiatan, yakni launching toko, Healthy and Creative Market, demo masak, Youth Healthy Class, serta kompetisi melukis tas kain. SCM dibuka pada pukul 10.30 WITA, yang diawali dengan launching Toko Oleh-oleh Green.

Dwi Pradnya Ayu, mahasiswa Fakultas Kedokteran saat memberikan penjelasan saat Talkshow.

Dengan adanya Youth Healthy Class yang merupakan acara talkshow, kegiatan SCM kali ini memberikan warna berbeda dari kegiatan SCM sebelumnya. Narasumber talkshow diantaranya dari Direktur PPLH Bali – Catur Yuda Hariani, Penasehat K2PS – Dr. Ir. Gede Wijana, MS., Aktivis Lingkungan – JRX SID, serta mahasiswa Fakultas Kedokteran Unud – Dwi Pradnya Ayu. Menurut Gede Wijana, makanan sehat merupakan makanan yang bergizi, bebas pestisida, bebas pengawet, bebas bahan sintetis, serta bebas pemanis buatan.

“Dengan mengkonsumsi makanan sehat tersebut, tentu saja dapat mendukung pertanian organik yang memiliki potensi besar untuk mitigasi perubahan iklim,” jelas Gede Wijana.

Karya peserta kompetisi melukis tas kain.

Selain talkshow, ada juga kompetisi melukis tas kain dengan tema “Green and Healthy”. Karya yang memenangkan kompetisi tersebut berkesempatan untuk dijadikan sebagai desain baju untuk kampanye Green and Healthy.

Dalam Healthy and Creative Market, diramaikan dengan stand makanan dan minuman sehat, seperti jus buah, makanan vegetarian, kripik singkong, dan masih banyak yang lainnya. Bisa dikatakan bahwa kegiatan ini mempertemukan produsen pangan sehat organik dengan konsumen yang siap memulai hidup sehat.

Produk daur ulang dari Gumi Recycle.

Industri kreatif pun tak mau kalah. Terdapat beberapa stand kreatif seperti stand Gumi Recycle yang mendaur ulang bungkusan plastik menjadi barang bermanfaat, seperti buku, tas, dompet, dan lainnya. Ada juga stand pakaian yang ramah lingkungan.

SCM ini dilahirkan dari ide kreatif anak muda diantaranya dari beberapa komunitas seperti Healthy Food Healthy Living (HFHL) serta VECO Indonesia.

Jadi, mau hidup sehat ala SCM? Tunggu acara selanjutnya karena SCM diselenggarakan secara rutin. (Alit)

You May Also Like