Ramalan Zodiak: Mitos atau Fakta?

Ramalan zodiak sudah ada sejak jaman 2000-3000 tahun sebelum masehi. Usut punya usut, ramalan zodiak didasarkan pada pergerakan matahari yang teratur pada bintang. 12 bulan yang mewakilkan 12 rasi bintang. Penamaan dari para zodiak pun mungkin terjadi karena bentuk rasi bintang yang terjadi pada bulan tersebut. Jika pada saat itu bentuk jajaran bintang menyerupai kalajengking maka itu disebut scorpio. Lalu mungkin mereka mengembangkan dongeng-dongeng yang mengaitkan dengan kepercayaan bintang-bintang.

Berikut adalah asal-usul zodiak yang lazim dikenal:

ARIES (DOMBA)

Aries adalah zodiak yang di lambangkan dengan domba. Domba yang berbulu emas ini menurut mitologi Yunani adalah persembahan untuk dewa Zeus.

TAURUS (SAPI JANTAN)

Taurus, zodiak yang dilambangkan sebagai sapi jantan karena berasal dari kata taureau. Sapi ini melambangkan Dewa Zeus. Menurut mitologi Yunani, Dewa Zeus suka dengan gadis-gadis cantik. Ia juga dikenal sebagai dewa yang paling banyak memiliki istri.

GEMINI (ORANG KEMBAR)

Gemini dilambangkan dengan dua anak kembar. Dua anak kembar ini adalah anak dari Dewa Zeus yang bernaman Castor dan Polux.

CANCER (KEPITING)

Cancer dilambangkan sebagai kepiting. Konon, kepiting ini jelmaan ular yang bernama Hydra. Ular yang dikirim untuk melawan Hercules (Putra dari Zeus).

LEO (SINGA)

Leo mungkin memiliki lambang yang paling hebat, yaitu singa. Singa ini merupakan salah satu dari 12 tugas Hercules.

VIRGO (PUTRI CANTIK)

Virgo memiliki lambang seorang putri cantik. Putri yang sangat cantik ini adalah jelmaan Putri Astreayang yang hidup pada jaman emas Yunani. Orang Yunani juga menyebutnya sebagai Dewi Kesuburan.

LIBRA (NERACA)

Libra merupakan simbol keadilan karena memiliki lambang neraca. Atau juga yang melambangkan Putri Keadilan yaitu Putri Justicia.

SCORPIO (KALAJENGKING)

Scorpio yang memiliki lambang kalajengking ini terkisah memiliki kisah cinta segi empat. Antara Orion, Diana, Venus dan Aurora. Karena ketampanan Orion ini, ketiga wanita tersebut jatuh cinta padanya. Karena tidak sudi saingan dengan kedua rivalnya, Diana mengirim kalajengking kepada Orion hingga Orion disengat dan tewas.

SAGITARIUS (CENTAUR/MANUSIA BERBADAN KUDA)

Centaur yang melambangkan zodiak Sagitarius ini memiliki sejarah, pada masa itu ada centaur yang bernama Chyron yang mengajari manusia bagaimana cara memanah dengan baik dan benar.

CAPRICORN (KAMBING BERBADAN IKAN)

Sama seperti Sagitarius, zodiak ini mempunya lambang dua mahluk yang berbeda menjadi satu badan. Asal mula dari zodiak Capricorn ini adalah dari kisah kelahiran Zeus, Raja para Dewa. Pada saat kelahirannya, ibu Zeus yaitu Rhea, takut jika suaminya, Kronos memakan anaknya, ia kemudian secara diam-diam membawa Zeus ke Crete dan memberikannya ke Amaltheia, Si Peri Kambing.

AQUARIUS (ORANG SEDANG MENUANG AIR)

Dilambangkan oleh seorang pemuda tampan yang sedang menuang air dari tempayan besar. Namanya Ganimedes, pelayan paling setia dewa Zeus. Tugasnya memang membawakan minuman dewa paling agung bangsa Yunani itu.

PISCES (DUA EKOR IKAN)

Dilambangkan dengan dua ekor ikan. Kedua ekor ikan ini telah berjasa membawa Dewi Venus (Dewi Kecantikan) dan Dewa Mars (Dewa Perang) ke sungai Eufrat, ketika mereka dikejar oleh Typhon.

 

Banyak masyarakat yang masih percaya dengan ramalan bintang atau zodiak ini. Padahal tidak semua ramalan tersebut 100% akurat. Terkadang ada pula yang tidak akurat sama sekali. Hal ini pun masih jadi perdebatan oleh khalayak luas, apakab zodiak termasuk fakta atau mitos. Karena sebagai mahluk yang mempunyai keyakinan, kita juga dituntut untuk tidak terlalu percaya terhadap ramalan dan sebagainya. (Yuda)

You May Also Like