SBY Isi Kuliah Umum di Universitas Udayana

Prof. Dr. H Susilo Bambang Yudhoyono saat mengisi kuliah umum di Universitas Udayana
Prof. Dr. H Susilo Bambang Yudhoyono saat mengisi kuliah umum di Universitas Udayana

 

Layaknya beberapa Universitas lain di Indonesia sebelumnya, Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga hadir mengisi kuliah umum di Universitas Udayana, Selasa (02/02). Bertempat di ruang Gedung Widya Sabha, Fakultas Kedokteran Unud, kuliah umum ini dihadiri ratusan mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas di Universitas Udayana.

Bertajuk “Indonesia 2045: Menjadi Negara yang Maju, Kuat, dan Sejahtera”, SBY menyampaikan beberapa bahasan pokok, di antaranya megatrend abad 21, 3 isu besar dunia, serta 3 mimpi dan pencapaian Indonesia tahun 2045.

Acara dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika tepat pukul 09.00 WITA. Dalam sambutannya, Ketut Suastika menyampaikan keyakinan besar akan inspirasi yang akan didapat dari sosok inspiratif SBY melalui kuliah umum ini.

“Kami yakin pemikiran bapak yang tertuang di dalam kuliah ini akan mampu memberi inspirasi bagi kami khususnya civitas akademika Universitas Udayana dan masyarakat luar yang hadir pada kesempatan kali ini dan tentu untuk Indonesia kedepannya.” Ujarnya.

Selain SBY, kuliah umum ini juga dihadiri Mantan Mendikbud, M. Nuh, Mantan Menkumham, Amir Syamsudin, dan Mantan Menpora, Roy Suryo, serta Ibu Ani Yudhoyono. Kuliah umum berlangsung santai namun serius, sesekali peserta tertawa dan bertepuk tangan mengiri candaan ringan yang disampaikan SBY.

Di akhir kuliah, secara khusus SBY menyampaikan 3 harapan besar untuk Universitas Udayana. “ Jadilah universitas terbaik di Indonesia, kembangkan culture of excellence, dan yang kedua didik dan persiapkan putra-putri bangsa yang tangguh dan berdaya saing, jangan mudah menyerah, dan yang terakhir harus ikut berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Bali, seraya menjadi agen of change” ujar SBY mantap. (mentari)