The Secret Of Moonacre

Sutradara                     : Gabor Csupo

Produser                      : David Brown

Jenis Film                    : Fantasi

Produksi                      : Forgan-Smith Entertainment

Penulis                         : Graham Alborough
Lucy Shuttleworth

Pemain                                    : Dakota Blue Richards
Tim Curry
Ioan Gruffudd
Natascha McElhone

The secret of Moonacre mengisahkan tentang petualangan seorangan gadis yatim piatu bernama Maria Merryweather (Dakota Blue Richard) menyelamatkan Moonacre. Sepeninggal ayahnya, Maria terpaksa harus tinggal bersama pamannya yang bersikap dingin dan misterius yaitu Sir Benjamin, yang diperankan oleh  Ioan Gruffudd. Satu-satunya peninggalan ayahnya adalah sebuah buku, dimana buku tersebut berisi kisah yang mengisahkan tentang kalung mutiara pemberian seorang Putri nan cantik jelita, dimana mutiara tersebut dapat mengabulkan segala keinginan guna melindungi alam semesta. Karena kekuatan luar biasa yang ada dalam kalung mutiara tersebut, maka dua keluarga yang berkuasa yaitu Merryweather dan De Noir bersaing untuk memperebutkan mutiara tersebut untuk kepentingan mereka sendiri, akibat dari keserakahan mereka, Putri Bulan (Natascha McElhone) pun murka, dan mengutuk akan menenggelamkan lembah moonacre tempat kedua keluarga ini tinggal untuk selama-lamanya ke dasar lautan pada saat bulan purnama ke 5000 tiba. Bersamaan dengan kutukan itu, kalung tersebut lenyap dan tak satu orangpun tahu dimana kalung itu berada.

Melalui buku itu dan kejadian-kejadian aneh yang dialami Maria di Moonacre, ia kemudian tahu bahwa ia merupakan jelmaan putri bulan terakhir. Buku itu memberinya petunjuk, dimana tempat kalung mutiara itu berada, sampai akhirnya ia berhasil menyelamatkan Moonacre sebelum Bulan Purnama ke 5000 muncul, dan mempersatukan kembali kedua keluarga yang berseteru tersebut.

Film ini diangkat dari salah satu novel anak-anak terlaris “The Little White Horse” karangan Elizabeth Goudge. Dengan sutradara apik yaitu Gabor Csupo The Secret Of Moonacre muncul sebagai sebuah film fantasi yang manis dengan mempertautkan masa lalu dan masa kini. Selain itu, film ini jauh dari kesan robot, boneka, permen atau coklat, yang biasanya dijadikan tema film fantasi anak. Dengan setting tahun 1800an, film ini mampu menghadirkan suatu yang unik melalui kostum, alam, serta kastil-kastil kuno yang semakin menyelami pikiran penontonnya untuk kembali mengingat ke jaman itu. Terlebih lagi dengan memilih lokasi syuting di Hungaria dan Inggris, membuat tampilan pemandangan alamnya semakin terlihat memukau.

Namun, dalam novel ini kurang dijelaskan hubungan antara tokoh masa lalu, dan tokoh masa kini. Yang mana hal itu cukup membuat bingung dan mempengaruhi penonton dalam menyerap dan memahami cerita film tersebut. Hal itu karena, adanya pemakaian satu pemain untuk dua tokoh, seperti tokoh Putri Bulan pertama dan tokoh Loveday De Noir yang diperankan oleh  Natascha McElhone. Apakah memang ada hubungan antara dua tokoh itu atau tidak, itu kurang dijelaskan secara detail mengenai tokoh tersebut secara detail. Begitu juga dengan Ioan Gruffudd yang memerankan Sir Benjamin Merryweather dan Sir Wrolf Merryweathe, serta Coeur De Noir dan Sir William De Noir yang diperankan oleh Tim Curry.

(intan resparani)