UKM Udayana Focus yang Fokus Bergerak di Bidang Fotografi, Videografi, Animasi, dan Production

FIX_b&w oleh : YRS/Tina

“UKM yang lain tidak akan merasa tersaingi, justru akan merasa terbantu dengan keberadaan ukm baru kami”, tegas Ketua Umum UKM Udayana Focus.

 

Hari Jumat (18/10/2013) bertempat di Gedung Student Centre merupakan cikal bakal pendirian UKM Udayana Focus, yang dihadiri oleh enam fakultas yang berbeda di Universitas Udayana yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan 14 orang dari berbagai fakultas lainnya. Dengan meminjam ruang Sekretariat DPM sebagai tempat rapat perdana mereka, maka diputuskan Gede Riska Wiradarma dari Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Informasi 2012 sebagai ketua umum UKM Udayana Focus ini.

Gede Riska Wiradarma, Ketua UKM Focus Unud 2014
Gede Riska Wiradarma, Ketua UKM Focus Unud 2014

Awal mula tergagas pendirian ukm ini dikarenakan penyelenggaraan Student Day Universitas  Udayana, yang memerlukan kepanitiaan di bidang 3D, dokumentasi, animasi, dan lain sebagainya yang paling dibutuhkan pada saat itu. Dari situlah kemudian ada keinginan untuk berkumpul guna mendirikan suatu ukm yaitu ukm fotografi. Tetapi ada sedikit kabar burung mengenai bidang fotografi tersebut, dikatakan terlalu sempit cakupannya sehingga dipertegas lagi bahwa fotografi dalam bidang ini tidak terikat (bebas) dari unsur jurnalistik. Kemudian UKM Udayana Focus ini merambah lagi dalam bidang videografi, animasi, dan terakhir production (berbentuk jasa) untuk dapat menghasilkan nilai jual di kemudian hari.

Proses pelegalan ukm ini dengan meminta persetujuan dari Pembantu Rektor III, Dr. I Nyoman Suyatna, S.H, M.H., lalu diproses oleh Biro Akademik Kemahasiswaan (BAK), setelah ukm ini disetujui dan diterima kemudian turun SK dari Rektor. Sedangkan mengenai sumber dana ukm ini berasal dari pihak Rektorat, Sponsor dan juga instansi-instansi lain yang tidak terikat.

UKM Udayana Focus ini akan melaksanakan Open Recruitment tanggal 29 Januari 2014, dengan meminjam tempat di Lantai 4 Gedung Student Centre. “Sudah ada Dosen yang ingin bergabung, dan apabila banyak pula antusias dari mahasiswa terkait ukm kami ini maka UKM Udayana Focus akan mengadakan launching dengan menyelenggarakannya di suatu tempat yang belum ditentukan, tetapi apabila sedikit peminat daripada keberadaan ukm ini mungkin di Widya Sabha Fakultas Kedokteran kami akan selenggarakan”, ujar Gede Riska Wiradarma.

Danghyang Reksa Maruto, Menteri Dalam Negeri BEM PM Unud 2014
Danghyang Reksa Maruto, Menteri Dalam Negeri BEM PM Unud 2014

Keberadaan UKM Udayana Focus ini juga mendapat dukungan dari Menteri Dalam Negeri BEM PM Universitas Udayana Kabinet Harmoni Udayana. “Adalah suatu langkah baik apalagi UKM Udayana Focus ini mengenai masalah fotografi, dan lain sebagainya yang sekarang sudah banyak digemari khalayak luas. Tetapi ada sedikit saran saya mengenai pendirian ukm ini, lebih dapat mengatur jadwal pendiriannya, karena bertepatan dengan Pemilu Raya Mahasiswa Universitas Udayana dan juga pelantikan Kabinet Harmoni Udayana. Karena dalam Kabinet Udayana Bersinergi belum ada Kementerian Minat dan Bakat seperti dalam Kabinet Harmoni Udayana sekarang ini, yang mana tugas dari kementerian tersebut adalah mengurusi kegiatan Dies Natalis dan UKM. Sehingga alangkah baiknya apabila pendiriannya setelah pelantikan kabinet yang baru”, tutur Danghyang Reksa Maruto selaku Menteri Dalam Negeri BEM PM Universitas Udayana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *