UNSPOKEN : PAMERAN FOTOGRAFI #SAYABERCERITA

“Photography is a small voice, at best, but sometimes one photograph, or a group of them, can lure our sense of awareness.”

W Eugene Smith

 

“Saya Bercerita” adalah sebuah karya u  ntuk bercerita dengan menggunakan media foto dimana kegiatan ini diberi nama Unspoken, yaitu pameran fotografi yang berisi tentang cerita sederhana yang terjadi di lingkungan sekitar. Fotografi sebagai media komunikasi visual terkadang memang mampu membuat kita bercermin dan membentuk kesadaran tentang apa yang terjadi di sekitar kita.

Pada kehidupan sehari-hari, banyak cerita di sekitar kita yang menarik. Cerita-cerita itu terkadang menggelitik, lucu, haru, serta dapat membuat kita intropeksi dan belajar, seperti karya Nyoman Arya Suartawan yang berjudul “Ikan Cupang”, dia menceritakan tentang hubungan personal dia dengan ikan-ikan cupang hias.

Berawal dari iseng memelihara 1 ekor ikan cupang hias, kemudian dia ketagihan dan memelihara hingga lebih dari 70 ekor. Dia mempelajari segala macam hal yang berhubungan dengan ikan cupang, cara merawat, makanan, obat, perkembang biakan dan lain-lain. Setiap pulang kerja, ikan-ikan cupang ini dimanfaatkan sebagai media refreshing. Ikan cupang sudah merupakan bagian dari keluarga Arya.

Lain halnya dengan Candra Dewi, dia menceritakan tentang seorang bapak tua mengayuh sepeda gayungnya pelan-pelan, melewati jalanan paving yang membelah Setra Agung Badung (kuburan). Pada karya berjudul “Jalan Pulang”, Candra mengajak kita berjalan melewati lingkungan setra yang dia lewati tiap sore. Ia mengajak kita merenungi batas-batas kematian dan kehidupan yang bersisian.

Wayan Martino mempunyai cerita lain yang menarik, tentang keseharian bapaknya dengan radio milikmya, yang membuat Martino merasa khawatir dan cemas. Hal itu sekaligus dijadikan media belajar kepercayaan diri olehnya. “Saya khawatir tiap pagi suara radio yang fals itu membangunkanku dan  mengganggu tetanggaku yang masih terlelap,” jelasnya. Rupanya radio itu bersuara lebih cepat dari kokokan ayam jago.

Karya Martino berjudul “Radio Bapak” ini unik. Membaca foto-foto Martino seperti masuk ke dalam kehidupan personalnya sebagai anak seorang bapak dan proses pembelajaran Martino menjadi seorang yang percaya diri.

Karya Candra, Arya dan Martino ini adalah tiga dari 7 karya foto yang dipresentasikan dalam Pameran Foto “UNSPOKEN” di Uma Seminyak, 11-23 Maret 2017. Melalui karya mereka, kita bisa melihat cerita-cerita yang selama ini dianggap tidak ada, namun sebenarnya terjadi di sekitar kita. (dns)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *