Untaian Kata Motivasi, Warnai Langkah Generasi Baru

Salah satu kalimat motivasi yang terpampang di ruangan Auditorium Widya Sabha.
Salah satu kalimat motivasi yang terpampang di ruangan Auditorium Widya Sabha.

“Yang hebat di dunia ini bukanlah tempat dimana kita berada, melainkan arah yang kita tuju”. Itulah salah satu kalimat penuh makna yang mewarnai pelaksanaan Student Day tahun ini. Namun, sadarkah para mahasiswa baru 2013 mengenai keberadaannya?

Di tahun 2013 ini, BEM-PM Unud kembali melaksanakan kegiatan rutinnya untuk menyambut keluarga baru dari Universitas Udayana. Kegiatan yang dinamai Student Day ini memang merupakan salah satu program kerja dari lembaga eksekutif di tingkat Universitas Udayana.

Dalam pelaksanaannya di hari pertama ini, ruangan Auditorium Widya Sabha yang penuh sesak oleh mahasiswa baru angkatan 2013, terlihat lebih berwarna setelah keberadaan delapan kalimat motivasi yang terpampang di sekeliling ruangan tersebut. Kalimat-kalimat dalam bentuk spanduk tersebut merupakan kutipan dari kisah hidup yang diutarakan oleh sosok yang tidak asing lagi. Sebut saja Oliver Wendell Holmes, Mahatma Gandhi, Albert Einstein dan bahkan sosok Bapak Proklamator RI Ir. Soekarno. Kalimat-kalimat tersebut tentu membuat siapapun yang membacanya mampu menginspirasi dan memotivasi hidup seseorang.

Ditanya mengenai alasan dihadirkannya kalimat-kalimat tersebut saat pelaksanaan Student Day, Bima Kumara Dwi Atmaja selaku Ketua Panitia Student Day 2013 menyatakan jika kalimat-kalimat tersebut sengaja dibuat sebagai pintu pengenal kehidupan mahasiswa kepada mahasiswa baru angkatan 2013. “Kita tentu tahu bahwa terdapat perbedaan antara siswa dan mahasiswa. Oleh karena itu saya rasa perlu adanya pintu pengenal kehidupan mahasiswa. Sebenarnya kehidupan mahasiswa itu penting sekali untuk masa depan kita sehingga perlu adanya motivasi-motivasi agar para maba ini mengetahui apa yang akan mereka hadapi nanti,” jelas mahasiswa Fakultas Hukum Udayana ini.

Tujuan dari keberadaan tulisan-tulisan tersebut pun diakui oleh salah seorang peserta Student Day 2013 Ni Kadek Kartini Dwi Cahyaningrum mampu membuatnya termotivasi. Namun di sisi lain ada kekecewaan Kartini hadir manakala tidak adanya penjelasan mengenai makna dari kalimat-kalimat tersebut. “Seharusnya ada penjelasan walaupun sedikit mengenai makna dari tulisan motivasi tersebut, takutnya ada yang tidak sadar akan keberadaannya karena hanya sekedar dipajang saja,” ungkapnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Cokorda Bagus Bagaskara yang juga merupakan peserta Student Day tahun ini. “Bagus sekali maknanya tapi tergantung tempat duduknya juga karena kalau dapat tempat duduk yang tidak pas maka tidak bisa terbaca semuanya secara jelas,” komentarnya.

Dipertahankannya keberadaan kalimat-kalimat bermakna tersebut di tiap tahun pelaksanaan Student Day merupakan inovasi bagi mahasiswa baru. Namun sayang tata letaknya yang kurang strategis tersebut membuat tidak semua maba bisa membacanya dengan jelas. (Indah)

You May Also Like