URADIO: Saatnya Radio Universitas Udayana Dikenal Mahasiswanya

Denpasar, 24 Maret 2019. Radio Komunitas Universitas Udayana mengadakan kegiatan sosialisasi dan promosi. Salah satu unit yang berfungsi sebagai media informasi dan publikasi di lingkungan Universitas Udayana ini mengadakan acara tersebut di Gedung Agrokomplek lantai 4, Kampus Unud Sudirman, Denpasar.

Tatkala waktu sambutan tiba, Ni Nyoman Dewi Pascarini, selaku Koordinator Pelaksana Radio Komunitas Universitas Udayana, berbagi sepotong kisah bagaimana Radio Komunitas Universitas Udayana mengudara. Awal mulanya, lokasi Radio Komunitas Universitas Udayana bertempat di Bukit Jimbaran. Namun, karena bertabrakan dengan frekuensi dari Bandara Ngutah Rai, kemudian dipindahkan ke belakang Hardys Sesetan. Kendati demikian, tetap saja bertabrakan juga dengan frekuensi radio milik Universitas Dwijendra. Pada akhirnya, kini URADIO bertempat di gedung GDLN Kampus Sudirman.

Begitulah sekilas informasi yang dipaparkan oleh Pascarini di tengah acara promosi sekaligus sosialisasi  yang diselenggarakan oleh Radio Komunitas Universitas Udayana atau yang disebut URADIO. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai apa itu URADIO dan juga menyebarluaskan bahwa Universitas Udayana memiliki radio sendiri. Kegiatan kali ini dihadiri oleh undangan dari lembaga BEM Universitas Udayana, BEM seluruh fakultas di lingkungan Universitas Udayana, himpunan mahasiswa, dan dari UKM di lingkungan Universitas Udayana. Acara diawali dengan penampilan band akustik Eunoia yang berasal dari UKM Kesenian.

Tidak lupa, URADIO mengajak organisasi-organisasi di Universitas Udayana untuk bekerja sama. “Pada kesempatan ini, saya ingin membuka kerjasama kepada semua organisasi mahasiswa yang memerlukan publikasi melalui URADIO, bisa menghubungi Sasi sebagai koordinator radio dari mahasiswa.” Ujar Pascarini. Selain itu, Pascarini juga mengungkapkan bahwa setelah ia berhasil mengurus radio, kebetulan ada peralatan televisi yang dimiliki Universitas Udayana, ia membentuk Udayana TV. Kemudian, sosialisasi dilanjutkan dengan memperkenalkan penyiar-penyiar yang bertugas di URADIO ini.

Selanjutnya, giliran Sasi yang berkesempatan untuk memberikan sosialisasi tentang program-program URADIO. Sasi ialah Koordinator Radio Komunitas Universitas Udayana dari mahasiswa.  Ia  menjelaskan bahwa URADIO ini biasanya mewawancarai mahasiswa atau mahasiswi yang berprestasi, terkadang juga bekerja sama untuk menaikkan suatu acara yang akan di selenggarakan di Universitas Udayana. Sasi juga mengatakan apabila ada UKM di lingkungan  Universitas Udayana yang  ingin bekerja sama dengan URADIO, dapat  mengajukan proposal atau menghubungi Sasi langsung.

Sasi memaparkan 10 program yang ada di URADIO yang mengudara setiap hari Senin sampai Jumat. Salah satunya adalah UNICORN (university corner)  yang membahas info-info tentang Universitas Udayana dan kegiatan di Universtas Udayana, seperti talkshow dan info lomba. Kemudian di hari Rabu biasanya jika ada yang bekerja sama dengan URADIO, akan ditayangkan di program WEDTALK (Wednesday talk) yang konsepnya talkshow. Di acara ini, kita bisa mempromosikan acara atau kegiatan yang dilaksanakan, dan masih ada acara-acara lain yang tak kalah menarik. Ia juga memberikan link untuk mengakses URADIO ini, yaitu di uradio.caster.fm

Acara  ini ditutup dengan penampilan band Eunoia dari UKM Kesenian serta pengumuman juara lomba instastories terbaik. (Agus/Jaya/Akademika).

Editor: Galuh/Akademika