Tema Student Day: Realisasi Tak Sesuai Wacana

Di hari pertama Student Day 2013 baik mahasiswa baru bahkan panitianya sendiri terkesan melanggar tema yang telah dibuat.

Realisai tema Student Day 2013 yaitu Kristalisasi Nilai-nilai Luhur Pancasila menuju Insan Akademis Unggul dan Berbudaya masih belum terealisasi dengan baik dalam pelaksanaannya. Beberapa pelanggaran masih saja dilakukan sejumlah mahasiswa baru (maba) pada hari pertama dilaksanakannya Student Day 2013 di Auditorium Widya Sabha, Bukit Jimbaran. Sejumlah maba terlihat di luar terlambat dengan berbagai alasan. Tak cukup dengan keterlambatan, beberapa maba lainnya juga bahkan tidak melengkapi atribut yang ditentukan.

Tak hanya maba, panitia Student Day pun juga melakukan pelanggaran. Ketika maba tidak diperbolehkan membawa rokok justru sebaliknya sejumlah panitia terlihat merokok. Bukan mengintimidasi bahwa perokok adalah pelanggar aturan, namun sebagai contoh panutan awal mahasiswa baru sepantasnya panitia pun seharusnya tidak merokok saat pelaksanaan Student Day. Terlepas dari pandangan di depan maupun di lingkungan yang tidak terlihat oleh mahasiswa baru.

Hal-hal yang terlihat sederhana tapi sesungguhnya penting untuk ditaati justru dilanggar. Seperti ketidakdisiplinan menghargai waktu dan menaati peraturan yang dibuat. Hal ini  merupakan salah satu dari degradasi nilai moral. Bagaimana bisa menciptakan nilai moral yang baik untuk maba sementara panitia Student Day pun melakukan pelanggaran. Agaknya terlalu jauh mencita-citakan insan akademis unggul dan berbudaya bagi maba 2013, sementara panitia yang notabene menyandang status mahasiswa terlebih dahulu melanggar aturan yang mereka buat. Ironi memang!

Melihat dari fenomena ini tentu tema yang diusung dalam Student Day 2013 yakni “Kristalisasi Nilai-nilai Luhur Pancasila menuju Insan Akademis Unggul dan Berbudaya” masih belum bisa dikatakan terealisasi dengan baik. Mengingat mahasiswa baru yang menjadi objek pelaksanaan kegiatan ini masih awam dengan kehidupan mahasiswa. Sehingga tak ada kata sempurna untuk sebuah kegiatan termasuk Student Day 2013 ini. (Nila)

You May Also Like