Mahasiswa Antropologi se-Indonesia Gelar Rakernas di UNUD

Universitas Udayana menjadi tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI). Rakernas mahasiswa jurusan Antropologi se-Indonesia ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Februari 2013 di Gedung KNPI Denpasar. Pelaksanaan rakernas merupakan tindak lanjut dari Sarasehan JKAI di Universitas Padjadjaran bulan Oktober 2012.

Sekretaris Jenderal JKAI periode 2012-2014, Edison Frengky Swandika Butar-butar mengatakan rakernas ini membahas program lebih mendalam hingga mempersiapkan kegiatan yang akan berlangsung. “Sebenarnya rakernas ini diselenggarakan untuk pematangan program kerja yang telah disusun dalam Sarasehan di UNPAD. Kalau yang kemarin itu (Sarasehan-red) membahas visi, misi dan susunan program saja,” jelasnya.

Rakernas tahun ini diikuti oleh 8 dari 15 Perguruan Tinggi Negeri anggota JKAI, yaitu Universitas Brawijaya (Malang), Univeritas Andalas (Padang), Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Haluoleo (Kendari), Universitas Khairun (Ternate), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Airlangga (Surabaya) dan Universitas Udayana selaku tuan rumah.

JKAI merupakan organisasi berbasis nasional yang menaungi mahasiswa jurusan Antropologi di Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi ini harus melewati inisiasi saat awal perkuliahan di kampus masing-masing. Pembentukan JKAI tanggal 6 Agustus 1989 berawal dari kepedulian mahasiswa Antropologi terhadap keberadaan jurusan Antropologi di Indonesia. (Diah D.)

 

You May Also Like